Tiap Tahun, 15 PNS Pensiun Dini Karena Stroke

BExecutive assistant Rebellato, 68, works at his desk at Pimlico Plumbers in Londonagi kalangan PNS atau pejabat di wilayah Sragen, tampaknya harus mulai berhati-hati dalam menjaga kesehatan dan pola pikir.Pasalnya, data yang tercatat di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mencatat hampir setiap tahun, setidaknya ada sekitar 15 PNS yang terpaksa mengajukan pensiun dini karena serangan penyakit.Celakanya, mayoritas penyakit yang mendorong PNS untuk pensiun dini itu adalah penyakit stroke. Fakta itu diungkapkan Kepala BKD Sragen, Parsono melalui Kasubid Pemberhentian Pegawai, Suyatno di sela-sela penyerahan SK pensiun PNS akhir pekan lalu. 

Ia mengungkapkan berdasarkan realita yang ditemuinya selama ini, hampir setiap tahun jumlah PNS yang pensiun di Sragen mencapai 500 orang.Di luar angka itu, setiap tahun rata-rata juga ada sekitar 15 PNS yang mengajukan pensiun atas permintaan sendiri (APS) alias pensiun dini ke BKD. Alasan pensiun dini tersebut mayoritas karena kondisi kesehatan yang sudah tidak memungkinkan untuk melakukan tugas.

“Kalau yang pensiun regular atau sudah habis masa tugasnya sekitar 500an orang setiap tahun. Tapi ada juga yang mengajukan pensiun dini karena sakit. Kebanyakan sakit stroke sekitar 15an orang setiap tahun,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>