Rombak Pensiun PNS, Sri Mulyani Tak Mau RI Bangkrut Mirip Yunani

376422_pensiun-dengan-tenang_663_382pelatihan persiapan pensiun – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati akan melakukan reformasi program pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun depan. Dalam kajiannya, pemerintah belajar dari kegagalan Yunani yang bangkrut akibat carut marutnya sistem pensiun di Negeri Para Dewa itu. “Kami masih kaji terus reformasi sistem pensiun, belajar dari negara lain. Belajar pada negara yang berhasil dan gagal, sehingga kita bisa mendesain formula yang lebih baik,” ujarnya di Gedung Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (12/9/2017).Sri Mulyani mengaku, Indonesia perlu belajar dari kegagalan Yunani dalam pengelolaan ekonomi, termasuk reformasi pensiunan.”Di satu sisi ingin murah hati kepada pensiunan, tapi kemampuan negara mengumpulkan pajak tumpul. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak sustain, suatu saat pasti kolaps karena mengelola keuangan negara tidak mudah,” tuturnya.

Menurutnya, masyarakat mengharap pemerintah untuk menyediakan infrastruktur memadai, meningkatkan pelayanan, fasilitas kesehatan yang tentu menyedot anggaran belanja cukup besar.

“Kalau saya ingin populer, pasti ngomongnya belanja terus. Tapi di APBN itu kan ada sisi penerimaan. Baru ngomong pajak, lalu semua bilang penting sehingga berlomba-lomba mendapatkan fasilitas pajak. Lama-lama basis pajak kita menyusut, jadi antara hak dan kewajiban harus seimbang,” pungkas Sri Mulyani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>