Persiapan Pensiun yang Tepat

perencanaan-dana-pensiun-iStockpelatihan persiapan pensiun Bila ditanya ke sebuah keluarga, apa tujuan keuangan yang ingin dicapai atau direncanakan? Jawaban mayoritas menyatakan ingin mempersiapkan dana pendidikan. Nah, Selama ini banyak orang lebih fokus pada persiapan dana pendidikan anak dibandingkan persiapan lainnya karena dianggap dana pendidikan perlu biaya yang besar sekali. Padahal ketika ditanya kepada Perencana Keuangan Profesional di Amerika, mana yang wajib dipersiapkan terlebih dahulu, jawabannya adalah Dana Pensiun. Mengapa? Karena (saya salin jawabannya dalam Bahasa Inggris) “You Can Not Finance Your Retirement”. Yang artinya kira-kira: Ketika anda pensiun anda sudah tidak bisa pinjam lagi untuk biaya pensiun anda karena anda sudah tidak punya penghasilan, nah tuh panjang.Oke, so kalau begitu apa yang harus anda lakukan dan persiapan seperti apa agar dana pensiun anda bisa tepat? Mari kita bahas di artikel di bawah ini.

Pertama, Mulai Dari Sekarang
Dalam setiap acara talkshow dan seminar, pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah, “Kapan sebaiknya saya mempersiapkan dana pensiun saya? Dan jawaban saya selalu sama dan konsisten, “sejak pertama kali anda mendapatkan gaji pertama.”

Yes, bila anda saat ini sudah bekerja selama bertahun-tahun bahkan berpuluh tahun dan belum mempersiapkan Dana Pensiun, maka artinya anda sudah terlambat sekali, dan harus dimulai dari sekarang. Mengapa? Karena uang yang anda tempatkan pada rekening investasi Dana Pensiun anda masih punya waktu untuk berkembang melalui produk investasi.

So, jadi ingat ya, lakukan sekarang, bukan besok, bukan minggu depan, bukan juga nunggu bonus atau naik gaji, atau bahkan nunggu tahun depan. Lakukan sekarang, titik.

Kedua, Jangan Pernah Mencairkan Dana Pensiun Anda Lebih Cepat
Banyak tawaran menarik yang membuat anda berpikir untuk mencairkan alias ngambil dana pensiun anda lebih cepat. Hal ini membahayakan dana pensiun anda.

Mengapa? Pertama anda sudah bekerja keras menginvestasikan uang anda selama ini, sementara ketika uang anda ditarik maka uang tersebut tidak bisa berkembang lagi. Kedua, ketika anda menarik dana anda lebih awal sebelum masa batas usia penarikan anda akan dikenalan penalti, dan biasanya besar.

Selain penalti anda juga akan terkena pajak yang cukup besar karena menarik dana saat ini. Bila semua kerugian tersebut dijumlahkan, maka akan menjadi sangat besar sehingga menarik dana lebih awal bukanlah solusi yang baik.

Ketiga, Taruh Uang Dapat Uang
Banyak orang pasti bingung dengan kalimat di atas. Bila diperhatikan beberapa dana pensiun khususnya yang menggunakan jasa Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang memotong gaji bulanan karyawan, biasanya perusahaan memberikan insentif berupa penempatan dana pada rekening karyawan tersebut sejumlah dana yang ditempatkan (dipotong) oleh karyawan.

Misalkan karyawan berpenghasilan Rp 5 juta, minta dipotong 10% maka gaji akan dipotong sebesar Rp 500 ribu, nah perusahaan akan menambahkan Rp 500 ribu juga ke rekening karyawan. Dengan kata lain, ketika anda taruh uang anda, secara otomatis anda akan mendapatkan uang juga. Atau anda bisa melihatnya bahwa uang anda langsung “berkembang 100%” ketika anda setor ke rekening dana pensiun anda.

Keempat, Ketika Gaji Anda Naik, Iuran Dana Pensiun Juga Harus Naik
Banyak orang ketika belum punya tabungan dan ditanya kapan mau nabung, jawabannya adalah nanti saja kalau sudah ada uang lebih atau kalau sudah naik gaji. Nah, hal ini juga berlaku dengan dana pensiun.

Setiap kali anda mendapatkan kenaikan gaji apakah karena kenaikan reguler setiap tahun, atau karena prestasi atau karena kenaikan posisi, maka sangat disarankan untuk anda menaikan juga iuran dana pensiun sebesar persentase kenaikan gaji anda.

Cukup empat saja? Ternyata tidak. Masih banyak trik dan Teknik bagaimana mempersiapkan dana pensiun ataupun tujuan keuangan lainnya dengan lebih tepat, efektif, efisien dan hasil maksimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>